11/08/11

T 34, Monster Dari Timur


Tidak dapat dipungkiri, bahwa pelopor dari gerak pasukan mobile dan lapis baja dengan mengutamakan kedinamisan, gerak cepat dan fire power adalah Jerman dengan Jendral Heinz Guderian, akan tetapi, seiring berjalannya waktu, ketangguhan dan superioritas divisi-divisi panzer Jerman mulai tersaingi, bukan oleh kualitas saingannya, namun karena kuantitasnya.

Serangan Jerman terhadap Uni Soviet di pertengahan tahun 1941 seolah-olah tak terhentikan. Gerak maju divisi-divisi Jerman yang dipadukan dengan gerak tentara lapis bajanya sungguh mencengangkan dunia. Bahkan dengan pertahanan yang didukung lebih dari 20.000 tank lapis bajanya, Soviet tidak mampu berbuat banyak. Itu karena kualitas dan kemampuan tempur dari tank-tank Soviet yang tidak baik.

T-34 adalah Jawaban dari Soviet atas serangan invasi Jerman yang membabi buta dengan divisi-divisi panzernya. Tidak seperti tank-tank Jerman yang mengutamakan keamanan, daya serang dan kekuatan. T-34 merusak semua gaya ortodoks Jerman dengan meninggalkan prinsip-prinsip itu. T-34 dibuat terutama untuk memenuhi kebutuhan tank Soviet yang mendesak, karena dari hari ke hari, keadaan front mereka semakin memburuk.

Pada awal tahun 1943, di utara, Wehrmacht semakin mendesak Tentara Merah untuk memperketat pertahanan mereka di sekitar Leningrad ‘St. Petersburg sekarang’, di tengah, Moskow hampir tertembus pertahannya, sedangkan di selatan, pengepungan Stalingrad hampir menemui titik akhir. Situasi inilah yang menyebabkan produksi tank diutamakan dan ternyata strategi itu tepat.

Produksi tank Rusia yang semenjak tahun 1941 dipindahkan ke pedalaman siberia yang aman dari pengeboman Luftwaffe tidaklah kecil, mereka mampu rata-rata memproduksi 600 hingga 700 tank dan kendaraan lapis baja lain per bulan, dan jumlah ini membengkak dua kali lipatnya di tahun 1943. Sebagian besar adalah produksi tank jenis baru ini. Total, seluruh T-34 yang berhasil dibuat selama perang mencapai angka lebih dari 33.000 unit.

Besarnya jumlah produksi T-34 ini segera membalik keadaan, adalah Jendral Georgy Zhukov yang secara cerdik mereorganisasi kekuatan lapis baja Rusia sehingga mampu membentuk suatu mesing giling raksasa. Barisan divisi-divisi lapis baja ini menghancurkan pengepungan kota Moskow, di selatan, pengepungan terhadap kota Stalingrad juga menemui ajalnya. Bahkan Jerman harus menderita kerugian besar di Stalingrad dengan tertawannya 100 ribu lebih prajurit dan 24 Jendral termasuk Jendral Von Paulus. Salah satu Staff dari OKH ‘Ober Kommando der Heeres’

Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


 

Footer Widget #1

Copyright 2010 Aerodeo Messias. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Blogger Template