23/09/11

Teori Pembentukan Jagad Raya

1.  Teori Big Bang (Dentuman Besar)Teori  ini  dimunculkan  pada  tahun  1927  oleh  George  Lemaire  (Belgium)  yang disempurnakan Edwin Hubble (Amerika Serikat) Teori ini menyatakan bhw alam semestaini berasal dari ledakan besar (big-bang) sekitar 13.7 milyar tahun lalu. Semua materi danenergi yg kini ada di alam terkumpul dlm satu titik yg tidak berdimensi dan berkerapatan tak terhingga. Dalam teori ini diterangkan bhw alam semesta bermula dari ledakan mahadasyat. Seiring dg berjalannya waktu, ruang angkasa mengembang, dan ruang yg memisahkanantara benda-benda langit jg mengembang.


Beberapa pendapat ahli astronomi pndukung teori ini adlh:

Vesto Sliper(1932): menelitibhw garis-garis spektrum galaksi-galaksi semakin menjauh dan bergeser ke arah merah.Artinya:  galaksi-galaksi  di  sekitar  kita  semua  bergerak  saling  menjauhi.Alan Guth (1980): berhasil menghitung adanya hubungan antara pergeseran spektrumgalaksi berwarna merah dg kecepatan menjauhnya.

2. Teori Keadaan Tetap (Stabil)Dikemukakan oleh seorang ahli matematik dan astronomi terkenal bernama Sir FredHoyle (1948). Menurut teori ini jagat raya tidak hanya sama dlm ruang angkasa, tetapi jugatdk ada perubahan dg berjalannya waktu. Zat-zat baru yg d percaya sbg hidrogen (ygmerupakan asal usul sbuah bintang) senantiasa tercipta di antara galaksi-galaksi sehinggaakan terbentuk galaksi-galaksi baru yg akan menggantikan galaksi-galaksi yg menjauh.Meskipun  Hoyle  menerima  teori  bhw  alam  semesta  itu  mengembang,  tetapi  Hoylemempertahankan bhw alam smesta tdk terbatas dlm ukuran abadi dlm jangka hayat.

3. Teori Alam Semesta Quantum.Teori ini diciptakan oleh William Lane Craig, 1966. Dia mengemukakan bhwa alamsemesta adalah sudah ada selamanya dan akan selalu ada untuk selamanya pula. Dalam teoriini,  ruang  hampa  pd  hakikatnya  tdk  ada,  yg  ada  adl  partikel"  subatomik.Seiring perkembangan teknologi dan astronomi, lahir bnyk teori" yg memperkuatkebenaran  teori"  dentuman  besar.  Diantaranya  adl  teori:  Arno  Penzias dan RobertWilson(1965) George Smoot(1989)



Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


 

Footer Widget #1

Copyright 2010 Aerodeo Messias. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Blogger Template